Friday, March 11, 2016

Cara Menambahkan PDF Viewer di Wordpress

inipdfbang
Seiring Perkembangan, Wordpress selalu bisa menampilkan sesuatu yang baru dengan beberapa update yang dilakukan akhirnya Wordpress bisa menampilkan postingan dengan file PDF. Sebelum masuk ke prosesnya kita akan membahas apa itu sebenarnya file PDF. 

PDF (Portable Document Format) adalaah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Format PDF ini biasanya digunakan mempresentasikan dokumen dua dimensi.

Kenapa dan Kapan Anda Membutuhkan PDF Viewer di Wordpress ?

Wordpress tidak akan menaruh file PDF ke dalam postingan Anda seperti layaknya Audio dan Video. Ini hanya berfungsi sebagai link download.

Ini berarti bahwa pengguna harus melompat ke halaman Anda untuk melihat file PDF. Banyak dari pengguna menuju kembali ke situs Anda, dan ini akan mengurangi tampilan dari homepage situs anda serta keterlibatan pengguna.

Nah salah satu cara untuk mengatasi ini adalah dengan menggunakan file PDF sebagai peng-upgrade konten. Dengan cara ini, Anda dapat meminta pengguna untuk bergabung dengan mendaftarkan email Anda untuk mendapatkan bonus konten. 

Namun jika Anda hanya ingin user untuk melihat file PDF tanpa meninggalkan website, maka Anda perlu menambahkan PDF Viewer di Wordpress Anda.

PDF Viewer akan menampilkan PDF di sebelah kanan post dan halaman. Pengguna akan dapat melihat, membaca, download, dan bahkan mencetak file PDF tanpa harus meninggalkan halaman.

Cara Install dan Setting PDF Viewer di Wordpress

Pertama anda masuk ke situs Wordpress Anda. Lalu arahkan kursor ke tab Plugins ~> Add New ~> Search Box ~> tulis PDF Viewer.

write and enter.

Jika sudah ketemu klik Install now.

klik install now.


Selanjutnya masuk ke tab Plugin. Cari plugin yang sudah terinstall lalu klik Activate. 

klik activate.


Kedua masuk ke Settings ~> PDF Viewer .

ingat PDF VIEWER.
Lalu akan menampilkan halaman pengaturan dari PDF Viewer dan anda bisa mengatur settingan sesuka Anda. 

this.
Dan klik Save Changes. Plugin ini tidak support untuk Internet Explorer 9 atau kebawah. Anda juga bisa mengubah dengan menambahkan pesan bahwa ini tidak support dengan IE 9. 


Cara Menambahakan PDF File dengan PDF Viewer di Wordpress

Pertama masuk ke Posts ~> Add New ~> Add Media ~> Upload Files ~> Select Files.

klik add media.
Kedua Setelah ter-upload, Anda  bisa mengcopy url tersebut dari Media. 
insert.
Anda bisa menambah URL Wrapped seperti ini 

[pdfviewer]
http://www.example.com/wp-content/uploads/2016/01/myebook.pdf[/pdfviewer]

Dan ini adalah Tampilannnya.

seperti ini.
Anda bisa menambahkan height dan width sesukan anda. Hal ini juga membantu jika anda ingin menimpakan default height dan width pada plugin. PDF file ini di support dengan nama file PDF.js hal ini yang membuat tampilannya menjadi sangat indah.


Dan itulah Cara menambahkan PDF Viewer di Wordpress. Terima Kasih. Semoga Bermanfaat.

1 comments

kak .. tampilin yang lebih jelas si waktu upload ...nya masukin linknya.. t4 ku gx bisa ni mhon bantuanya kk ..


EmoticonEmoticon